Bank-bank Tiongkok menghadapi pengecualian dari sistem keuangan global. Mengapa?

Uncategorized14 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Amerika Serikat (AS) sedang mengembangkan sanksi yang mengancam akan memblokir akses sejumlah bank Tiongkok ke sistem keuangan global. Harapannya adalah bahwa ancaman ini akan memberikan pengaruh diplomatik kepada Washington untuk memaksa Beijing mematuhi dan mengakhiri dukungan komersialnya terhadap produksi militer Rusia.

Menurut The Wall Street Journal, informasi ini diberikan oleh orang-orang yang mengetahui situasi tersebut.

Namun, masih belum diketahui secara pasti apakah ancaman AS untuk menggunakan senjata finansial ini bisa efektif dalam menekan perdagangan yang kompleks dan terus berkembang antara Beijing dan Moskow yang memungkinkan terjadinya perdagangan bebas. Perdagangan antara kedua negara telah memungkinkan Kremlin membangun kembali pasukannya, yang rusak parah akibat pertempuran selama lebih dari dua tahun di Ukraina.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken sendiri berencana berangkat ke Beijing hari ini, Selasa (23/4/2024).

Tiongkok telah mengindahkan peringatan Barat untuk tidak mengirim senjata ke Rusia sejak awal perang. Namun sejak kunjungan Blinken ke Beijing tahun lalu, ekspor barang komersial Tiongkok, yang juga digunakan untuk keperluan militer, telah melonjak. Pasalnya, negara tersebut kini menjadi pemasok utama sirkuit, suku cadang pesawat, mesin, dan peralatan mesin.

Menurut para pejabat Amerika, bantuan Beijing memungkinkan Moskow memulihkan potensi industri militernya.

Negara-negara Barat kini khawatir Rusia akan mengalahkan Ukraina dalam perang ini. Apalagi jika negara-negara sekutu tidak memobilisasi industrinya sendiri untuk menyamai produksi Rusia.

Blinken dan pejabat senior Kabinet lainnya telah menyuarakan peringatan di antara sekutu Barat, termasuk pekan lalu pada pertemuan negara-negara industri Kelompok Tujuh di Capri, Italia.

Ketika dana tersebut menuju ke Tiongkok, para pejabat mempertimbangkan ancaman bahwa bank-bank Tiongkok akan kehilangan akses terhadap dolar. Selain itu, risiko memburuknya hubungan dagang dengan Eropa dapat mendorong Beijing mengubah taktiknya. Bank-bank Tiongkok ini berfungsi sebagai perantara utama untuk ekspor komersial ke Rusia, memproses pembayaran dan memberikan kredit kepada perusahaan klien untuk transaksi perdagangan.

Baca Juga  Aliran fundamental VS teknis, orang dekat LKH memilih ini

“China tidak bisa melakukan dua arah,” kata Blinken di Capri, seperti dikutip WSJ, Selasa (23 April 2024).

“Mereka tidak ingin menjalin hubungan persahabatan yang positif dengan negara-negara Eropa dan sekaligus menjadi ancaman terbesar bagi keamanan Eropa sejak berakhirnya Perang Dingin.”

Para pejabat AS mengatakan pemberian sanksi kepada bank-bank Tiongkok adalah pilihan terbaik jika diplomasi gagal membujuk Beijing untuk mengekang ekspor.

Memang benar, para pejabat AS telah meningkatkan tekanan terhadap Beijing dalam beberapa minggu terakhir melalui pertemuan pribadi dan panggilan telepon. Mereka memperingatkan bahwa Washington siap mengambil tindakan terhadap lembaga keuangan Tiongkok yang memperdagangkan barang-barang yang memiliki kegunaan ganda tersebut.

“Bank mana pun yang memfasilitasi transaksi besar yang menyalurkan barang-barang militer atau penggunaan ganda ke pangkalan industri pertahanan Rusia akan berisiko terkena sanksi AS,” kata Menteri Keuangan Janet Yellen awal bulan ini dalam pertemuan dengan rekan-rekannya di Beijing.

Para pejabat mengatakan mereka berharap tekanan diplomatik Barat yang kumulatif akan mencegah mereka mengambil tindakan yang dapat meredakan ketegangan antara kedua negara.

Memotong akses bank terhadap dolar, mata uang yang digunakan dalam sebagian besar perdagangan dunia, mempunyai implikasi yang jauh lebih luas dibandingkan sanksi biasa yang menargetkan individu dan perusahaan.

Sanksi semacam ini sering kali menyebabkan kegagalan bank, berdampak pada seluruh nasabah dan basis nasabah, serta menimbulkan risiko khusus bagi Tiongkok ketika negara tersebut bergulat dengan permasalahan kredit yang semakin meningkat.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

Sri Mulyani mengungkap situasi dunia saat ini: AS cerah, Tiongkok gelap

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *