Luhut Dampingi Jokowi ke Afrika, Sandiaga Uno Jabat Menko Marves Ad Interim

Tak Berkategori91 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Ad Interim. Sandiaga menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan yang kini tengah mengikuti lawatan Jokowi ke kawasan Afrika. 

“Dengan hormat kami beri tahukan bahwa Bapak Presiden berkenan menunjuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai Menko Marves Ad Interim selama Menko Marves melakukan perjalanan dinas ke luar negeri,” bunyi surat Kemensesneg yang Tempo dapatkan pada Ahad, 20 Agustus 2023. 

Surat dengan Nomor : B-795/M/D-3 AN.00.03/08/2023 tertanggal 18 Agustus 2023 itu ditandatangani oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Surat itu ditebuskan kepada Presiden Jokowi dan Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan. 

Menurut surat tersebut, Luhut bakal menemani Jokowi lawatan ke Afrika sejak 19 – 26 Agustus 2023. Dalam periode waktu tersebut, Luhut bakal menemani Jokowi berkunjung ke Kenya, Tanzania, Mozambik dan Afrika Selatan. 

Ikuti KTT BRICS

Jokowi bertolak menuju Afrika pada Ahad, 20 Agustus 2023 dari Bandara Kualanamu, Sumatra Utara. Kunjungan tersebut bertujuan untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Brasil, Rusia, India, Cina, dan Afrika Selatan atau KTT BRICS ke-15 di Afrika Selatan. 

“Indonesia diundang dalam KTT BRICS. Dan tentunya di sela-sela KTT BRICS akan dilakukan berbagai pertemuan bilateral dengan berbagai kepala-kepala negara yang lainnya,” ujar Jokowi. 

Selain mengunjungi Afrika Selatan, Jokowi menyatakan bakal berkeliling ke tiga negara lainnya, yaitu Kenya, Tanzania, dan Mozambik. Jokowi menyentuh lawatannya ke kawasan Afrika merupakan yang pertama kalinya sejak menajdi presiden. 

Iklan

“Insya Allah saya dan rombongan akan tiba kembali di Tanah Air tanggal 25 Agustus,” kata Jokowi. 

Hubungan historis Afrika dan Indonesia

Jokowi menyebut Indonesia memiliki hubungan historis yang panjang dengan Afrika. Indonesia, kata Jokowi, merupakan negara penggagas dan tuan rumah Konferensi Asia Afrika di tahun 1955 di Bandung, Jawa Barat. Indonesia, kata dia, juga berperan penting dalam melahirkan gerakan non blok saat itu. 

“Spirit Bandung ini lah yang akan saya bawa dalam kunjungan ke Afrika dengan memperkokoh solidaritas dan kerja sama di antara negara-negara global south,” kata Jokowi. 

Lebih lanjut, ia mengatakan negara Kenya dan Tanzania saat ini telah membuka kedutaan besarnya di Jakarta tahun lalu. Jokowi menyebut hal itu merupakan komitmen kedua negara tersebut untuk memperkuat kerja sama dengan Indonesia. Kemudian Mozambik adalah negara Afrika pertama yang menjalin PTE preferential trade agreement dengan Indonesia. 

M JULNIS FIRMANSYAH 

Pilihan Editor: Mahfud MD Sebut Draft Agenda Prioritas Percepatan Reformasi Hukum Hampir Rampung



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *