Crazy Rich Surabaya Investasi di IKN, 4 Saham Merugi

Uncategorized290 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Empat emiten konglomerat Hermanto Tanoko terlihat menguat tajam pada perdagangan sesi I Kamis (28/12/2023), dengan kabar konglomerat Surabaya yang berinvestasi di Modal Negara Republik Indonesia (IKN) masih menopang keempat saham tersebut.

Empat saham dimiliki super kaya dari Surabaya yaitu PT Avia Avian Tbk (AVIA), PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk (CAKK), PT Penta Valent Tbk (PEVE) dan PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO).

Berikut pergerakan empat saham Hermanto Tanoco pada sesi pertama hari ini pukul 11:31 WIB.








Penerbit Kode stok Harga saham terkini Perubahan hari ini
Burung Burung AVIA 550 10,00%
Tembikar Kahayaputra Asa BAGAIMANA 189 8,62%
penta valentine PEVE 178 7,88%
Sariguna Primatirta CLEO 750 7,14%

Sumber: RTI

Saham AVIA memimpin penguatan dengan menguat 10% ke Rp 550 per saham. CLEO menjadi yang berkinerja terburuk dengan naik 7,14% ke Rp 750 per saham.

Kenaikan empat saham Hermanto Tanoko terjadi di tengah rumor konglomerat Surabaya itu berinvestasi di IKN. Informasi sebelumnya, CLEO masuk IKN, tempat pabrik air minum dalam kemasan (AMDK) milik CLEO atau Tanobel resmi beroperasi.

CLEO bahkan telah merencanakan belanja modal atau belanja modal (belanja modal) hingga Rp300 miliar untuk pembangunan pabrik AMDK di IKN.

Hal tersebut tertuang dalam pesan dari akun Instagram resmi CLEO.

Tanpa basa-basi lagi, produsen Tanobel AMDK Sariguna Primatirtha (CLEO) akan bekerja di IKN pada akhir tahun 2023, demikian bunyi postingan di akun Tancorp.id, dikutip Rabu (27/12/2023).

Seluruh dana penanaman modal sebesar Rp300 miliar digunakan untuk membangun pabrik baru, mengembangkan tambahan peralatan dan jaringan distribusi di seluruh wilayah.Salah satunya pembangunan pabrik yang berlokasi di Karya Merdeka, Kecamatan Samboja, Kutai. Kartanegara. Jarak tempuh dari Titik Nol IKN sekitar 40 menit.

Di sisi lain, CLEO akan mengakuisisi perusahaan distribusi PT Sentralsari Primasentosa (SPS). Hal ini diumumkan pada rapat umum pemegang saham luar biasa independen CLEO pada 22 Desember 2023.

Selain itu, sebagai bagian dari integrasi bisnis, PT SPS akan menerbitkan 100 ribu saham baru atau setara 80% kepemilikan saham pada kuartal IV 2023. Dengan demikian, SPS akan mendapat dana baru dari CLEO sebesar Rp 180 miliar. . Sedangkan proses transaksi akuisisi ini akan digunakan untuk menambah armada kendaraan.

RISET CNBC INDONESIA

[email protected]

Penolakan tanggung jawab: Artikel ini merupakan produk jurnalistik berdasarkan pandangan Riset CNBC Indonesia. Analisis ini tidak dimaksudkan untuk mendorong pembaca membeli, menahan, atau menjual produk atau sektor investasi terkait. Keputusan sepenuhnya ada di tangan pembaca dan kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian atau keuntungan yang timbul akibat keputusan ini.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel selanjutnya

Sesi 1: Parkir ruang hijau IHSG didukung oleh sektor kesehatan

(bhd/bhd)


Quoted From Many Source

Baca Juga  Kalbe Farma (KLBF) akan membeli kembali 625 juta saham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *