Virus, Intip Gaji Anggota CPSU pada Pemilu 2024.

Uncategorized131 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Peresmian Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (VOC) viral di media sosial. Kemudian pembayaran atau biaya juga menjadi masalah.

Seperti diketahui, CPSU merupakan salah satu badan khusus Partai Komunis Ukraina yang menyelenggarakan pemilu tahun 2024 mendatang.

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyetujui usulan anggaran yang diajukan KPU untuk biaya Komisi Pemilihan Umum Daerah (DEC), Komisi Pemilihan Umum (PPC), Kelompok Organisasi Pemungutan Suara (VOT), dan Pendaftaran Pemilih. Komisi (Pantarlikh). , Panitia Pemungutan Suara Asing (PPLN) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Asing (KPPSLN).

Keputusan ini tertuang dalam surat Kementerian Keuangan Nomor S-647/MK.02/2022 tanggal 5 Agustus 2022 tentang Satuan Biaya Masukan Lainnya (SBML) Tahapan Pemilu dan Tahapan Pemilu.

“Jadi setidaknya ada gambaran mengenai biaya badan khusus, khususnya KPPS: terjadi kenaikan yang relatif signifikan dari Rp550.000 (biaya Ketua KPPS Pemilu 2019) menjadi Rp1.200.000, dan untuk anggota KPPS dari 500.000 menjadi Rp 1.100.000,” kata Ketua KPU Hasim Asyari saat konferensi pers pendaftaran partai politik sebagai calon pemilu hari kedelapan di kantor KPU, Senin (8/8/2023).

Berdasarkan laman resmi CPU Indonesia, gaji anggota dan ketua CPSU pada pemilu 2024 mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2019. Pada Pemilu 2019, iuran anggota KPPS hanya Rp 500.000. Kini, untuk Pemilu 2024, jumlah tersebut bertambah menjadi Rp 1,1 juta.

Berikut rincian lengkap gaji ketua dan anggota CPSU:

  • Pemilihan Ketua KPPS 2024 : Rp 1.200.000.
  • Pemilihan Anggota KPPS 2024 : Rp 1.100.000.

Tanggung jawab, wewenang dan kewajiban CPPS

Mengutip Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2011, berikut tugas, wewenang dan kewajiban KPPS:

  1. mengumumkan dan memasang daftar pemilih tetap di TSB;
  2. menunjukkan daftar pemilih tetap untuk menghadirkan saksi Pemilu dan pemantau Pemilu yang berkunjung;
  3. melakukan pemungutan dan penghitungan suara di TPS;
  4. mengumumkan hasil penghitungan suara pada TOS;
  5. segera menindaklanjuti temuan dan laporan yang diberikan oleh saksi, pemantau pemilu daerah, peserta pemilu, dan masyarakat pada hari pemilu;
  6. memelihara dan menjamin keutuhan kotak suara setelah penghitungan suara dan setelah kotak suara disegel;
  7. menyusun protokol pemungutan dan penghitungan suara, serta menyusun tindakan penghitungan suara dan wajib menyerahkannya kepada saksi peserta pemilu, penyelenggara pemilu daerah, dan PPC melalui PPS;
  8. memberikan hasil penghitungan suara kepada PPS dan pemantau pemilu lapangan;
  9. pada hari yang sama menyerahkan kepada PPC melalui PPS kotak suara tertutup yang berisi surat suara dan sertifikat hasil penghitungan suara;
  10. memenuhi tugas, wewenang dan tugas lain yang diberikan oleh Partai Komunis Ukraina, Partai Komunis Ukraina regional, Partai Komunis Ukraina regional/kota, PPC dan staf pengajar sesuai dengan peraturan; DAN
  11. melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajiban lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel selanjutnya

Gaji Pegawai PTDI BUMN Bulan November Belum Lunas, Ada Apa?

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Baca Juga  Investor asing pengendali bank digital menjual 14,3 juta saham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *