Puan Maharani Singgung Pertemuan dengan Parlemen se-ASEAN untuk Perkuat Politik Luar Negeri RI

Tak Berkategori224 Dilihat

Rabu, 16 Agustus 2023 – 15:10 WIB

Jakarta – Ketua DPR-RI, Puan Maharani menyampaikan bahwa Parlemen telah melakukan diplomasi untuk menjalankan misi Indonesia agar terlibat dalam pembangunan ekonomi, politik, dan tata sosial dunia yang humanis dan berkeadilan sosial. 

Baca Juga :

Mardiono Ingatkan Foto Jokowi Tak Dipakai untuk Kampanye

Melalui pidatonya dalam Sidang Tahunan MPR 2023, Puan menjelaskan bahwa dirinya telah melakukan pertemuan ketua parlemen negara-negara ASEAN, yakni Sidang Umum ke-44 AIPA. 

“Penyelenggaraan Sidang Umum Ke-44 AIPA di Jakarta pada tanggal 5-11 Agustus 2023 yang lalu merupakan forum ketua parlemen negara-negara ASEA,N telah menjadi momentum dalam memperkuat kolaborasi untuk menghadapi tantangan pada masa yang akan datang,” ujar Puan, di Senayan, Jakarta, pada Rabu, 16 Agustus 2023. 

Baca Juga :

Pastikan Peringatan HUT RI ke-78 Lebih Meriah, Jokowi: Tebak Saya Pakai Busana Daerah Mana?

Puan Maharani Ketua DPR RI, Rapat Paripurna Pembukaan Masa SIdang 2023-2024

Photo :

  • Youtube Sekretariat Presiden

Selain itu, kegiatan diplomasi yang dilakukan oleh DPR-RI, nantinya akan memperkuat politik luar negeri Indonesia, dan menempatkan posisi RI yang semakin kuat dalam memperjuangkan kepentingan nasional, regional, dan global. 

Baca Juga :

WFH Bakal Diberlakukan Demi Perbaiki Kualitas Udara, Menaker Ida: Masih Didiskusikan

“Pertemuan Ke-44 AIPA dengan tema Responsive Parliament for a Stable and Prosperous ASEAN, sejalan dengan tema Keketuaan ASEAN, yaitu ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.”

Dalam kesempatan yang sama, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), juga sempat menyinggung bahwa Indonesia dalam Presidensi G20, dan Keketuaan ASEAN, mampu menghadapi krisis dunia dalam tiga tahun terakhir. 

Halaman Selanjutnya

Selain itu, Indonesia melalui dasar negara Pancasila, juga mampu menyatukan keberagaman, perbedaan, menjadi suatu harmoni untuk membuka ruang dialog dan menjadi titik temu sebuah konflik di dunia. 

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *