Prabowo-Gibran menjanjikan pertumbuhan berkelanjutan pada saham IKN dan Aguan Cs Property

Uncategorized75 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Kemenangan menurut perhitungan cepat masih dipegang pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Seiring berjalannya program prioritas IKN, sejumlah saham perusahaan merespons positif.

PT Pantai Indah Kapuk Dua Tbk (PANI)

Saham PT Pantai Indah Kapuk Dua Tbk (PANI) menjadi saham paling menarik sepanjang perdagangan Kamis (15 Februari 2024) hingga berhasil melonjak hampir 7% ke Rp 5.875 per saham di akhir sesi.

Lonjakan harga saham PANI didorong oleh prospek kejelasan perkembangan IKN yang terus berlanjut seiring dominasi suara Prabowo untuk kursi presiden. Pasalnya, pemilik Agung Sedayu Group dan anggotanya PANI yakni Aguan merupakan pimpinan Konsorsium Nusantara.

Konsorsium tersebut beranggotakan beberapa taipan properti lainnya, mulai dari Anthony Salim (Salim Group), Muktar Widjaji (Sinar Mas) hingga Pui Sudarto (Pulau Intan) yang berencana berinvestasi di IKN.

Nilai investasi yang ditanam Konsorsium Nusantara pada proyek mixed-use development berupa pusat perbelanjaan, hotel, dan perkantoran mencapai Rp 20 triliun. Salah satu proyek yang sedang dikerjakan adalah Hotel Nusantara yang progresnya sudah mencapai 35%.

Hotel bintang 5 pertama di IKN ini rencananya memiliki 100 kamar dan mulai beroperasi pada semester II tahun 2024. Selain itu, Konsorsium Nusantara diketahui sedang mengerjakan proyek kebun raya.

PT Wulandari Bangun Laksana Tbk (BSBK)

Berikutnya adalah PT Wulandari Bangun Laksana Tbk (BSBK) yang melonjak 5,06% pada sesi pertama hari ini menjadi Rp 62 per saham.

Pengembang lokal Kalimantan Timur Balikpapan Superblock yang dipimpin Christopher Tya diketahui menanamkan dana sebesar Rp 3 triliun di IKN Nusantara.

Superblok Balikpapan berencana membangun kawasan terpadu seluas 7,5 hektar. Dimana pusat perbelanjaan akan dibangun di atas lahan seluas 40.000 meter persegi.

Baca Juga  Di tangan! Direktorat Jenderal Pajak mengontrol istri Ustaz Solmed di TikTok

Kawasan terpadu ini nantinya juga akan memiliki hotel bintang 5 dengan 215 kamar, hotel bintang 4 dengan 200 kamar, 8 gedung apartemen, 2 tower perkantoran, 1 sekolah internasional, dan tempat hiburan.

PT Ciputra Development Tbk. (KTRA)

Disusul PT Ciputra Development Tbk (CTRA) yang juga menguat 2,39% ke Rp 1.285 per saham.

Diketahui, CTRA akan beroperasi dari lokasi terintegrasi di IKN Nusantara seluas 150 hektare. Sedangkan proyek pertama yang akan dikerjakan IKN adalah hotel dan MICE (meeting, insentif, konferensi dan pameran) serta lapangan golf.

Saat ini manajemen menyatakan proyek tersebut masih dalam perjanjian kerja sama dengan pemerintah yang rencananya akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE)

PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) pun menguat 2,38% ke Rp 1.070 per saham.

Saat ini BSDE diketahui berminat mengembangkan kawasan pemukiman atau township dan tengah melakukan negosiasi intensif dengan Kantor IKN (OIKN). BSDE juga mengajukan proposal yang sesuai dengan kemampuan dan pengalaman perusahaan dalam pengembangan perumahan.

Direktur Utama BSDE Francis Xavier Ridwan Darmali mengatakan pihaknya tengah melakukan pembicaraan lanjutan dengan OIKN untuk merealisasikan rencana tersebut.

“Kami mengajukan proposal sesuai kemampuan dan pengalaman kami, yaitu pembangunan yang disebut kampung atau pemukiman, seperti yang kami lakukan di BSD, Grand Wisat dan sebagainya,” kata Fransiskus pada akhir November 2023.

PT Pakuwon Jati Tbk (PWON)

Terakhir, PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) juga diberkati dengan prospek IKN yang jelas dengan harga sahamnya naik 1,93% ke Rp 422 per saham.

Diketahui, PWON menargetkan pembangunan pusat perbelanjaan dan hotel bagian dari proyek superblock Pakuwon Nusantara di IKN yang akan selesai pada tahun 2025.

Baca Juga  Inflasi konsumen AS lebih tinggi dari ekspektasi pasar, cryptocurrency turun

Direktur Utama PWON Alexander Stefanus Ridwan Suhendra mengatakan, pihaknya berencana menyelesaikan pembangunan dan mulai mengoperasikan Hotel dan Pusat Perbelanjaan Pakuwon Nusantara setelah perayaan politik semakin intensif.

RISET CNBC INDONESIA

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

Saham Evergrande melonjak, apa lagi yang bisa dikatakan tentang real estat Tiongkok?

(tsn/tsn)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *