Pimpinan BMRI menilai bisnis perbankan RI masih menjanjikan, berikut alasannya!

Uncategorized79 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Wakil Presiden Direktur PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) Alexandra Askandar mengatakan bisnis perbankan di Indonesia masih sangat menjanjikan meski di tengah gejolak ekonomi dan geopolitik. Pertumbuhan kredit menunjukkan pemulihan ekonomi yang cukup baik, meskipun dana pihak ketiga masih di bawah ekspektasi.

“Kami melihat hal ini bukan hanya karena ada yang perlu dikhawatirkan, karena pemulihan ekonomi para penabung mulai terlihat. Mereka mulai menggunakan dananya untuk konsumsi dan investasi,” kata Alexandra dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2024 di Hotel Ritz-Carlton, Pacific Place, Jakarta, Kamis (29 Februari 2024).

Menurut dia, penurunan DPK khususnya valas disebabkan oleh menurunnya kinerja perdagangan. Hidung Pemulihan perekonomian Indonesia berdampak positif pada terjaganya tingkat kredit bermasalah dan peningkatan margin bunga bersih.

“Hal ini tentu menggembirakan, termasuk harapan masa depan dengan penurunan suku bunga yang akan berubah pada paruh kedua tahun 2024,” ujarnya.

“Kami berharap hal ini dapat memberikan optimisme kepada pelaku ekonomi dan memberikan prospek yang baik bagi industri perbankan,” tambahnya.

Namun bicara soal relaksasi, dia menegaskan Bank Mandiri lebih siap dan melakukannya secara bertahap. Pihaknya terus melakukan asesmen dan stress test pada berbagai aspek.

“Di Mandiri, LAR sudah lebih rendah dibandingkan sebelum Covid-19, ini indikator utama kita siap kembali ke masa sebelum pandemi ketika OJK mengurangi relaksasi,” ujarnya.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel selanjutnya

Target Kredit Tumbuh 12%, Ini Sektor yang Dibidik Bank Mandiri

(ra/ra)


Quoted From Many Source

Baca Juga  Izin BPR KRI Dicabut, LPS Bayar Uang Nasabah Rp 280 Miliar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *