Perekonomian Sulit, Yield Emiten Indonesia Turun 50% di Kuartal I 2024

Uncategorized38 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut fundamental emiten di pasar modal Indonesia mengalami perlambatan kinerja. Berdasarkan data keuangan publikasi triwulan I tahun 2024, kinerja emiten mengalami penurunan lebih dari 50%, dan data total laba tercatat turun 10,6% dibandingkan triwulan I tahun 2023.

Hal ini berdampak pada kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang turut mengalami penurunan hingga ke level 6.800. Direktur Eksekutif Otoritas Pengawasan Pasar Modal, Derivatif, dan Pertukaran Karbon (PMDK) Inarno Djadjadi mengatakan pergerakan IHSG dipengaruhi oleh faktor fundamental dan sentimen baik global maupun domestik.

Selain itu, Indonesia juga akan menghadapi tantangan yang timbul dari melemahnya perekonomian negara maju, harga komoditas yang mempengaruhi inflasi, berlanjutnya era suku bunga tinggi, serta volatilitas nilai tukar dan risiko konflik geopolitik, ujarnya. Hal itu disampaikan dalam keterangan tertulis, Jumat (14/06).

Adapun faktor tingginya suku bunga, kata Inarno, baik di tingkat global maupun domestik tentu akan mempengaruhi akselerasi emiten di bursa.

Dalam situasi saat ini, OJK perlu melakukan koordinasi dengan Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, dan Lembaga Simpan Pinjam di bawah naungan KSSK guna menjaga stabilitas sistem keuangan.

“Kami menghimbau pelaku pasar untuk bersikap rasional dan mempertimbangkan faktor-faktor, baik fundamental maupun sentimen, dalam mengambil keputusan investasi,” ujarnya.

Sementara itu, beberapa hari lalu, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga memberi isyarat bahwa kondisi perekonomian global masih penuh ketidakpastian yang berpotensi memberikan tekanan pada perekonomian domestik.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

56 perusahaan antre IPO, cari dana tunai senilai Rp 56,83 triliun

Baca Juga  IHSG menguat 4 hari berturut-turut, asing jual saham pertambangan Indonesia

(ay/ay)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *