Perekonomian global akan tumbuh sebesar 2,9% pada tahun 2023, namun…

Uncategorized257 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi global akan mencapai 2,9% pada tahun 2023 dan melambat menjadi 2,8% pada tahun 2024. Penilaian tersebut disampaikan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam pidatonya pada rapat Dewan Gubernur (RDG), Kamis (23/). 11/2023).

Perry mengatakan BI melihat ketidakpastian masih membayangi perekonomian global. Inflasi di negara-negara maju masih berada di atas target, meski tekanannya mulai mereda.

“Dengan laju inflasi seperti ini, suku bunga kebijakan moneter, termasuk federal fund rate, diperkirakan akan tetap tinggi dalam jangka waktu yang lama, atau disebut lebih tinggi dalam jangka waktu yang lebih lama,” kata Perry.

Sementara itu, terjadi peningkatan imbal hasil atau imbal hasil obligasi pemerintah Amerika Serikat (AS) karena adanya premi risiko jangka panjang atau term premium terkait dengan tingginya kebutuhan utang untuk pembiayaan fiskal di AS.

Sementara itu, BI tetap yakin perekonomian Indonesia kuat didukung oleh permintaan domestik. Secara keseluruhan, BI memperkirakan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mencapai 4,5-5,3% pada tahun 2023.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

Pertanda bahaya ekonomi global, anjloknya harga komoditas global!

(haa/haa)


Quoted From Many Source

Baca Juga  Promo Ulang Tahun: Bank Mandiri Tawarkan Suku Bunga KPR 2,5%.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *