Peraturan suku bunga pinjaman bank akan dipublikasikan, rinciannya

Uncategorized96 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan peraturan mengenai transparansi suku bunga perbankan akan diterbitkan dalam waktu dekat. Rancangan Peraturan OOK (RPOIC) tentang Suku Bunga Dasar Pinjaman (SBDK) menjadi salah satu pembahasan dalam rapat kerja Komisi (raker) XI DPR RI dengan OAK yang berlangsung pada Rabu (03/ 13/2024).

Kepala Otoritas Pengawasan Perbankan OJK Diane Ediana Ray mengatakan pembahasan RPOJK berjalan “lancar”. Dia mengatakan bahwa rencana umum telah disetujui.

“Tentunya setelah ini tinggal sedikit waktu lagi, tinggal koordinasi dan sebagainya dengan Kementerian Hukum dan HAM. Nanti kita serahkan ke pemerintah,” kata Dian di gedung DPR RI, Rabu (13/3). ). /2024).

Saat ditanya hubungan regulasi ini dengan margin bunga bersih (NIM), dia mengatakan penting bagi perbankan untuk transparan kepada publik.

“Dia [bank] Saya tidak bisa menyembunyikan apa pun. “Jadi komponen utama suku bunganya apa, overhead costnya berapa, dan masih banyak lagi, margin yang dihasilkan akan terlihat,” kata Dayan.

Ia menambahkan, OJK akan mendorong “persaingan sehat” di industri perbankan.

“Jadi tentunya kita akan mengedukasi nasabah, mereka bisa berpindah dari satu bank ke bank lain, sehingga muncul mekanisme pasar yang lebih efisien, kira-kira seperti itu,” kata Dayan.

Dia menjelaskan, nantinya POJK akan mengatur lebih detail masalah ini, termasuk mengenai sanksinya.

Saat ini, nasabah dapat melihat secara langsung transparansi suku bunga bank di situs resminya. Dayan menjelaskan aturan ini akan memudahkan perbandingan transparansi suku bunga antar bank.

“Ya, sekarang kami mengambil praktik terbaik internasional. Ini sebenarnya merupakan perubahan yang cukup mendasar. Jadi sudah tidak individual lagi dan sulit untuk dibandingkan,” tutupnya.

Baca Juga  Jokowi Buka Apartemen Pakubuwono Senilai Rp 1 Triliun di IKN

[Gambas:Video CNBC]

Artikel selanjutnya

Aturan suku bunga bank akan diterbitkan pada akhir tahun 2023.

(ay/ay)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *