Peneliti Harvard akui efektivitas BRI, berikut komentarnya

Uncategorized38 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Beatriz Armendariz, dosen senior bidang ekonomi di University College London dan fellow di Harvard University, memuji PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) atas kiprahnya memberikan pinjaman kepada masyarakat kecil. Menurutnya, pembahasan mengenai bank ini sering ia dengar di kalangan akademisi.

“Saya merasa terhormat berada di sini, lembaga ini telah bersinar di benak para sarjana seperti saya setidaknya selama 20 tahun,” kata Beatrice dalam acara BRI Microfinance Outlook 2024 di BRIilian Tower, Jakarta, Kamis (07/03/2024). . .

Beatrice mengatakan BRI merupakan bank yang sudah berdiri sejak lama. Bank embrio ini, katanya, sudah ada sejak tahun 1895. BRI, kata dia, juga berperan pada masa revolusi Indonesia 1945 dan terlibat dalam upaya mencapai swasembada pangan pada tahun 1970.

“BRI sangat aktif dalam revolusi dan swasembada beras pada tahun 1970-an,” ujarnya.

Meski berusia lanjut, ia yakin BRI terus berinovasi mengikuti perkembangan zaman. Ia mencontohkan pembuatan unit bisnis BRI yang fokus pada teknologi digital.

Ia mengatakan digitalisasi terus dibarengi dengan dibukanya banyak cabang di Indonesia. Ia berharap bisa dibuka cabang di luar negeri.

“Unit-unit ini tidak hanya dikelola dengan sangat baik, tetapi juga menguntungkan. Ini yang saya tahu tentang BRI,” ujarnya.

Beatrice mengatakan dia melakukan penelitian terhadap bank-bank di Bangladesh. Tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk mencari bank yang khusus memberikan pinjaman berbunga rendah kepada masyarakat, seperti BRI. Namun, dia mengatakan bank-bank sejenis di Bangladesh masih tertinggal dibandingkan BRI dalam hal diversifikasi.

“Mereka memiliki lebih sedikit jaringan distribusi dan kurang saling berhubungan,” katanya.

[Gambas:Video CNBC]

(ay/ay)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *