Pendaftaran calon presiden sudah terbuka, namun IHSG lesu menunggu keputusan BI

Uncategorized391 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Pada perdagangan sesi I Kamis (19/10/2023), terjadi penurunan indeks harga saham gabungan (IHSG) di tengah memburuknya situasi pasar saham global saat ini. Pelemahan tajam tersebut juga bertepatan dengan dibukanya pendaftaran calon presiden dan wakil presiden Indonesia yang maju pada pemilu tahun depan, dimana salah satu pasangannya resmi terdaftar.

Hingga pukul 12:00 WIB, indeks IHSG melemah 0,74% ke 6.876,6. IHSG hari ini terkoreksi hingga level psikologis 6800 pada sesi pertama perdagangan.

Beberapa sektor membebani IHSG hari ini seperti sektor real estate yang mencapai 1,34%, disusul sektor keuangan sebesar 1,2%, sektor material sebesar 1,08%, dan sektor konsumen non material sebesar 1%.

Selain itu, beberapa saham juga turut membebani IHSG pada sesi I hari ini. Berikut saham-sahamnya tertinggal IHSG pada sesi I hari ini.










Penerbit Kode stok Indeks poin Harga terakhir Perubahan harga
Bank Mandiri (persero) BMRI -11.41 5.725 -2,14%
Barito Pasifik BRPT -6.47 1065 -8,58%
Bank Negara Indonesia (Persero) BBNI -6.34 4950 -3,41%
Bank Rakyat Indonesia (Persero) BBRI -5.86 5100 -0,97%
Sumber Daya Bayan BYAN -4.81 19.700 -1,50%
TelkomIndonesia TLKM -2.35 3730 -0,53%

Sumber: Refinitif

Saham tiga bank raksasa mendominasi tertinggal IHSG pada sesi I hari ini, di mana PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menjadi saham terbesar dengan raihan 11,4 poin indeks.

Selain saham BMRI, ada saham PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) dengan indeks 6,3 dan saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dengan indeks 5,9.

Pasar saham global kembali terpuruk karena masih adanya pelaku pasar terus menilai dampak perang yang sedang berlangsung antara Israel dan Hamas dan dampaknya terhadap aset Suaka. Pasar juga mengkhawatirkan dampak imbal hasil yang masih tinggi (memanen) Obligasi pemerintah AS (US Treasury).

Memanen Imbal hasil Treasury AS bertenor 10 tahun mencapai 4,9% kemarin untuk pertama kalinya sejak Juli 2007, atau 16 tahun terakhir. Pada saat yang sama, suku bunga pinjaman hipotek mencapai 8% atau level tertinggi dalam 23 tahun terakhir.

Selain itu, investor juga menantikan pidato Ketua Bank Sentral AS Jerome Powell pada hari Kamis waktu AS, yang dapat memberikan lebih banyak wawasan mengenai jalur kebijakan moneter The Fed setelah penutupan perdagangan. merpati baru-baru ini dari beberapa pejabat Fed.

Powell akan berbicara di hadapan Klub Ekonomi New York sesaat sebelum masa jabatannya dimulai. pemadaman listrik Bank sentral AS mulai bekerja menjelang keputusan suku bunga berikutnya.

Periode pemadaman listrik Artinya pejabat Fed tidak akan membuat pengumuman apa pun hingga pengumuman kebijakan moneter berikutnya (Federal Open Market Committee/FOMC Meeting).

Ekspektasi kenaikan suku bunga terus meningkat, menyebabkan imbal hasil dolar AS dan Treasury AS melonjak. Kondisi ini mendorong investor menarik dananya dari emerging market. Dolar AS kini menjadi aset safe-haven yang paling dicari dan mengungguli mata uang lainnya.

Pendaftaran calon presiden (kapres) dan calon wakil presiden (kavapres) sudah dimulai di Indonesia, pasangan calon (paslon) Anies-Muhaymin menjadi yang pertama mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (GEC) hari ini.

Usai pendaftaran pasangan calon Anies-Muhaymin, giliran Ganjar-Mahfud yang mendaftar sebagai calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres KPU 2024.

Namun, calon wakil presiden (bakawapres) yang diusungnya belum juga diumumkan oleh pasangannya, Prabowo Subianto.

Memasuki masa pendaftaran capres dan cawapres 2024, investor cenderung mengekang risk appetite sehingga pergerakan IHSG cenderung melemah.

RISET CNBC INDONESIA

[email protected]

Penolakan tanggung jawab: Artikel ini merupakan produk jurnalistik berdasarkan pandangan Riset CNBC Indonesia. Analisis ini tidak dimaksudkan untuk mendorong pembaca membeli, menahan, atau menjual produk atau sektor investasi terkait. Keputusan sepenuhnya ada di tangan pembaca dan kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian atau keuntungan yang timbul akibat keputusan ini.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel selanjutnya

IHSG awal pekan anjlok, 7 saham ini jadi biang keladinya

(bhd/bhd)


Quoted From Many Source

Baca Juga  Multifinance memperkirakan pertumbuhan dua digit pada tahun 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *