Nah inilah sosok CEO Nvidia yang memegang kunci masa depan dunia.

Uncategorized281 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Kecerdasan buatan digadang-gadang akan menjadi tonggak baru perkembangan teknologi yang akan mengubah lanskap kehidupan banyak orang di masa depan. Salah satu pihak yang menjadi penopang utama transformasi ini adalah perusahaan chip raksasa yang dipimpin oleh Jensen Huang, Nvidia.

Diketahui, pimpinan Nvidia mengimbau seluruh negara di dunia serius mengembangkan industri teknologi kecerdasan buatan (AI) lokal.

Jensen adalah ketua dan pendiri raksasa chip Nvidia. Saat ini tercatat ia masih memiliki sekitar 3% saham perusahaan yang tercatat di bursa AS sejak 1999 itu. Ia mendirikan Nvidia dari awal pada tahun 1993 dan masih menjabat sebagai CEO perusahaan.

Kini, di bawah kepemimpinan Jensen, perusahaan tersebut berhasil menjadi salah satu perusahaan paling dominan di industri chip dan kecerdasan buatan, dengan nilai pasar hampir US$2 triliun pada tahun ini. Dengan valuasi sebesar US$1,97 triliun (Rp 30,535 triliun), Nvidia saat ini menjadi perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar keempat di dunia, melampaui raksasa teknologi lain seperti induk perusahaan Google dan Amazon.

Nvidia yang sebelumnya dikenal di kalangan gamer hanya dengan memproduksi berbagai jenis semikonduktor seperti Unit Pemrosesan Grafis (Graphical Processing Unit), kini telah memperluas bisnisnya ke API (Application Programming Interfaces) dan SoC (Systems on a Chip) untuk komputer, otomatis kendaraan listrik, ponsel pintar.

Laporan History Computer menjelaskan, pria bernama asli Juan Jensen ini lahir di Taipei pada 17 Februari 1963 dan menghabiskan masa kecilnya di Taiwan dan Thailand.

Namun, ketika Perang Vietnam terus berkecamuk dan membuat Asia Tenggara tidak aman (termasuk Thailand), orang tua Jensen memutuskan untuk menyekolahkan anaknya ke Oneida, Kentucky, AS.

Baca Juga  Fenomena El Niño Ancam Produksi Sawit, Begini Kata Pengusaha

Segera setelah itu, dia dan keluarganya pindah lagi ke Oregon, AS, dan tinggal di sana cukup lama. Jensen bersekolah di sekolah menengah dan perguruan tinggi di negara bagian itu.

Jensen dikenal pekerja keras sejak kecil. Diketahui, saat duduk di bangku SMA, Jensen bekerja di salah satu jaringan restoran cepat saji, Denny’s.

Setelah menerima gelar sarjana teknik elektro dari Oregon State University (1980–1984), Jensen bekerja untuk Advanced Micro Devices, Inc. sampai tahun 1985. Di perusahaan ini, Jensen bertanggung jawab atas desain dan produksi mikroprosesor.

Ia kemudian melanjutkan karirnya di LSI Logic hingga tahun 1993 sebelum mendirikan Nvdia. Sekaligus pada tahun 1990-1992 melanjutkan studi masternya di Universitas Stanford pada bidang yang sama yaitu teknik elektro.

Saat ini, kekayaan bersih Jensen diperkirakan mencapai US$69,6 miliar (Rp 1.079 triliun), menjadikannya orang terkaya ke-21 di dunia, mengutip data Miliarder menurut Forbes secara real time.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

Industri Keuangan Banyak Gunakan AI, Ini Arahan OJK

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *