Mau buyback saham, GOTO batal dan kembali Rp 90.

Uncategorized91 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menguat tajam pada awal perdagangan sesi I Kamis (01/02/2024) pasca rencana pembelian kembali saham (menukarkan) investor publik oleh manajemen GOTO.

Hingga pukul 09:10 WIB atau sepuluh menit setelah pembukaan sesi pertama, saham GOTO melonjak 4,55% ke Rp 92 per saham. Saham GOTO pun kembali ke level psikologis Rp90 per saham pada awal sesi I hari ini.

Saham GOTO diperdagangkan sebanyak 4.964 kali pada awal sesi I hari ini dengan volume 934,52 juta lembar saham dan nilai transaksi mencapai Rp 85,08 miliar. Kapitalisasi pasarnya saat ini mencapai Rp 109,33 triliun.

Darimemesan bukuTercatat pada awal sesi pertama hari ini, antrian beli mendominasi antrian jual. Total antrian beli atau beli mencapai 21,4 juta lot, dengan antrian beli terbesar di Rp 88 per saham mencapai 4,72 juta lot atau sekitar Rp 42 miliar.

Sedangkan total antrian penawaran atau penjualan mencapai 20,7 juta lot, dengan antrian penjualan terbesar di harga Rp 92 per saham mencapai 4,7 juta lot atau sekitar Rp 41 miliar.

GOTO berhasil lepas landas sesuai rencana menukarkan saham investor publik dari manajemen GOTO. Hal ini diumumkan menyusul selesainya investasi TikTok di Tokopedia.

Presiden Direktur GoTo Group Patrick Walujo mengatakan, setelah kesepakatan kolaborasi TikTok selesai, dampaknya akan terus membawa manfaat bagi Indonesia dan para pelaku UMKM.

“Ini juga merupakan langkah besar bagi GoTo Group. Menyusul keberhasilan pencapaian EBITDA positif yang disesuaikan pada kuartal keempat tahun 2023, kami akan melakukan akselerasi pertumbuhan, salah satunya adalah dukungan dan kolaborasi ekosistem mitra bisnis perseroan,” kata Patrick. dalam siaran persnya, Rabu (31/1/2024).

Baca Juga  Pertukaran Karbon Ada, Saham EBT Diberkati

Seiring dengan peningkatan profitabilitas dan arus kas GoTo, Patrick menegaskan perseroan tengah mengoptimalkan penggunaan modal dan tengah menyusun rencana alokasi modal ke depan.

“Rencana tersebut mencakup beberapa inisiatif, termasuk kemungkinan pembelian kembali saham, yang akan bergantung pada peraturan dan persetujuan pemegang saham,” kata Patrick.

Namun manajemen GOTO belum merinci rencana tersebut, baik dari jumlah saham maupun dana yang disiapkan, serta masih menunggu persetujuan pemegang saham dalam rapat umum pemegang saham tahunan/luar biasa (RUPST).

Menurut Bursa Efek Indonesia (BEI), saham GOTO Seri A saat ini dipegang oleh Taobao China Holding Limited (8,72%), SVT GT Subco (Singapura) (7,62%), GoTo Peopleverse Fund (5,47%) dan PT Saham Anak Bangsa2 . 24%.

Sedangkan saham publik Seri A mencapai 71,24% (855.787.360.660 unit), sisa saham Seri A dimiliki oleh komisaris dan direksi perseroan dalam jumlah yang bervariasi dan mayoritas kurang dari 1%. Sedangkan untuk Seri A juga terdapat saham treasury sebesar 0,85% (10.264.665.616) dan saham publik (script/script) sebesar 0,24% (2.858.899.747 saham).

RISET CNBC INDONESIA

[email protected]

Penolakan tanggung jawab: Artikel ini merupakan produk jurnalistik berdasarkan pandangan Riset CNBC Indonesia. Analisis ini tidak dimaksudkan untuk mendorong pembaca membeli, menahan, atau menjual produk atau sektor investasi terkait. Keputusan sepenuhnya ada di tangan pembaca dan kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian atau keuntungan yang timbul akibat keputusan ini.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel selanjutnya

Ketiga investor besar ini membeli GOTO kemarin. Siapa mereka?

(bhd/bhd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *