LPS memperkirakan pertumbuhan DPK tahun ini sebesar 6%.

Uncategorized308 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memperkirakan pertumbuhan dana pihak ketiga (TPD) tahun ini sebesar 6%.

Dengan demikian, kesenjangan pertumbuhan antara DPK dan kredit diperkirakan masih cukup besar.

Sebagai informasi, Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan pertumbuhan penyaluran kredit sebesar dua digit pada tahun ini.

Sementara itu, pada tahun 2023, sektor perbankan PPK akan tumbuh secara tahunan sebesar 3,73% (YoY). Pertumbuhan DPK jauh lebih kecil dibandingkan pertumbuhan kredit yang tumbuh sebesar 10,38% year-on-year.

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadeva mengatakan meski selisih pertumbuhan simpanan dan pinjaman relatif besar, namun likuiditas perbankan berada pada tingkat yang memadai.

“Likuiditas mencukupi AL/NCD 107,08% dan AL/DPK 28,73% pada Desember 2023. Relatif lebih tinggi dibandingkan ambang batas 50% dan 10%,” kata Purbaya saat jumpa pers pengumuman suku bunga penjaminan Januari 2024. Senin (30/1/2024).

Sementara itu, Purbaya menjelaskan per Desember 2023, tabungan masyarakat dengan distribusi bertingkat nominal di bawah Rp 100 juta mulai meningkat. Hal ini merupakan indikator perbaikan perekonomian pada lapisan masyarakat bawah.

“Masyarakat bawah sudah merasakan dampak perbaikan ekonomi sehingga bisa meningkatkan tabungannya,” ujarnya.

Kontras, hemat dengan distribusi bertingkat nilai nominal lebih dari Rp 5 miliar dengan tren menurun. Tahun lalu pertumbuhannya berkisar 14-15%, sedangkan per Desember 2023 hanya 3,51% YoY.

Purbaya yakin ini adalah tanda bahwa sebagian besar kliennya adalah korporasi distribusi bertingkat nominal simpanan lebih dari Rp 5 miliar melalui dana sendiri dan bukan pinjaman bank.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel selanjutnya

Ketukan! LPS mempertahankan suku bunga penjaminan sebesar 4,25%

Baca Juga  Bank-Bank Berkapitalisasi Besar Bagi Dividen, Sahamnya Naik Lagi?

(mx/mx)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *