Landmark: April 2024 Berikut update migrasi sistem TikTok ke Tokopedia

Uncategorized226 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus memantau proses migrasi sistem TikTok ke Tokopedia sesuai dengan masa transisi yang diberikan waktu 3-4 bulan hingga April tahun depan. Direktur Jenderal (Dirgen) Perdagangan Dalam Negeri (Kemendag) Isa Karim mengatakan, ada perkembangan signifikan dalam sistem migrasi.

Pada pertemuan kemajuan integrasi terbaru awal bulan ini, proses migrasi sistem telah selesai tiga perempatnya, atau 75%, dan sisa kuartalnya, atau 25%, masih harus diselesaikan.

“Dari pantauan Kementerian Perdagangan, saat ini kami masih dalam proses memastikan migrasi sistem TikTok ke Tokopedia sesuai regulasi. Diperkirakan kita baru seperempat perjalanan ke sana,” ujarnya. Isi, di Jakarta, dikutip media, Jumat (23 Februari 2024).

Isi berharap migrasi bisa selesai secepatnya. Di sisi lain, dari sudut pandang perkembangan migrasi belakang sistem, saat ini seluruh proses pembayaran dilakukan di sistem Tokopedia.

“Migrasi internal misalnya penjual (pedagang) sedang dalam proses, namun transisi ke sistem elektronik yang dikelola langsung oleh Tokopedia sudah berjalan.

Untuk itu, tegas Isi, Kementerian Perdagangan akan terus memantau sistem dan transaksi elektronik pada aplikasi kemitraan kedua perusahaan. Sebelumnya, pada pertengahan Desember 2023, induk perusahaan TikTok, ByteDance, mengumumkan akan menjadi pemegang saham pengendali Tokopedia. ByteDance melakukan ini agar aplikasi TikTok Shop miliknya bisa berfungsi kembali.

TikTok juga telah menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar untuk mendukung operasional Tokopedia dan akan selesai pada 31 Januari 2024. Kedua proyek ini akan meningkatkan manfaat bagi pengguna dan pelaku UMKM di Indonesia.

Dari sisi pasar modal, menurut analis riset PT Sinarmas Sekuritas Michael Philbury, kesepakatan TikTok dengan Tokopedia yang mengakibatkan GoTo kehilangan kendali akan menguntungkan GOTO sebagai korporasi dan pemegang sahamnya.

Baca Juga  OJK memperkuat industri keuangan di tengah ketidakpastian global

Pasalnya Tokopedia akan mendapat dana baru hingga US$1,5 miliar atau Rp 23,25 triliun. Tokopedia akan dapat menggunakan dana tersebut untuk meningkatkan profitabilitas dan bersaing dengan jenis e-commerce lainnya.

“Sekilas, pangsa GOTO di Tokopedia turun menjadi 24,99%, dan banyak orang mengaitkan hal ini dengan valuasi Tokopedia yang tinggi. Namun jangan lupa bahwa ada desain non-dilutif dalam kesepakatan ini. Jika TikTok menanamkan modal lebih besar dari sebelumnya, maka saham GOTO akan tetap 24,99%,” ujarnya.

Skema non-dilutif ini dimasukkan karena jelas memiliki tujuan ke depan, ujarnya. Misalnya, TikTok berencana menambah modal lagi ke Tokopedia di masa depan.

“Saat TikTok kembali menyuntikkan modal, otomatis valuasi Tokopedia akan meningkat. Namun saham GOTO akan tetap 24,99% meski tidak menanamkan modal yang sama,” ujarnya.

Keunggulan berikutnya adalah GOTO terhindar dari risiko persaingan yang ketat antar mitra e-commerce. Pasalnya, keuangan Tokopedia, termasuk pengeluaran dan pendapatan, tidak lagi terkonsolidasi di GOTO, melainkan di TikTok.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel selanjutnya

TikTok Jadi Pengendali Tokopedia, Saham GOTO Anjlok 20%

(ra/ra)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *