Kisah Buruh Pabrik yang Menjadi Ratu Real Estate Senilai Rp 17 Triliun

Uncategorized254 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Jika Anda mau bekerja keras dan tahu cara membaca, siapa pun bisa sukses. Hal serupa juga terjadi pada pria bernama Zhang Xin, mantan pekerja pabrik yang kini menjadi pengusaha terkenal.

Berdasarkan laporan Forbes yang dikutip detikFinance, Sabtu (3/2/2024), Zhang Xin merupakan direktur dan salah satu pendiri pengembang properti Soho China Limited. Bersama suaminya Pan Shiyi, ia membangun bisnis guritanya.

Meski resmi pensiun pada tahun 2022, Zhang

Uang yang diterimanya tak lepas dari sosok pekerja kerasnya di masa muda. Pasalnya, perempuan kelahiran 1965 ini berasal dari keluarga sederhana yang tumbuh pada masa Revolusi Kebudayaan Tiongkok (gerakan sosial politik komunis yang terjadi di Tiongkok pada tahun 1966-1976).

Menurut laporan CNBC tahun 2017, semasa muda Zhang merasakan sistem komunis di negaranya, di mana semua pekerjaan diatur oleh pemerintah dengan gaji yang sama tanpa memandang tingkat pendidikan.

Selama periode ini, dia dan ibunya dikirim untuk bekerja di pedesaan oleh pemerintah Tiongkok, sementara ayah dan saudara laki-lakinya tetap di Beijing.

Tak tahan dengan kondisi yang diatur pemerintah, Zhang dan keluarganya akhirnya memutuskan pindah dari Beijing ke Hong Kong pada tahun 1980. Sedangkan untuk mencari nafkah, ia bekerja di pabrik dan melakukan berbagai pekerjaan serabutan. Meski melelahkan, Zhang merasa hidupnya jauh lebih bebas dibandingkan saat tinggal di Beijing.

“Saya benar-benar merasa bebas di Hong Kong. Saya bisa membeli apapun yang saya mau, saya bisa makan apapun yang saya mau dan saya bisa memakai apapun yang saya mau,” katanya kepada CNBC.

Tak berhenti sampai disitu, Zhang memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di Inggris. Dia mengambil keputusan ini meskipun Zhang tidak bisa berbahasa Inggris sama sekali.

Baca Juga  Aliran fundamental VS teknis, orang dekat LKH memilih ini

“Pada saat itu, saya juga belum bisa berbicara bahasa Inggris. Jadi, terlepas dari semua impian saya untuk mendapatkan pendidikan dan meninggalkan pabrik, saya mendapati diri saya berada di “planet” baru ini. Saya ingat betul pada malam pertama saya tiba di sana, saya Saya duduk di atas koper saya dan menangis. Karena saya sangat takut,” ujarnya.

Bukan hanya soal sulitnya beradaptasi dengan lingkungan baru. Tapi dia juga harus mencari uang untuk bertahan hidup. Zhang akhirnya bekerja di toko ikan dan keripik tradisional yang dikelola oleh pasangan asal Tiongkok.

Singkat cerita, Zhang akhirnya kuliah di University of Sussex untuk mengambil jurusan Ekonomi pada tahun 1987. Zhang kemudian juga berhasil memperoleh gelar Master (S2) di bidang Pembangunan Ekonomi dari Universitas Cambridge pada tahun 1992.

Setelah itu, pada tahun 1995, ia dan suaminya mendirikan perusahaan real estate Hongshi. Perusahaan telah berhasil melaksanakan berbagai proyek besar dan meraih kesuksesan dalam waktu singkat.

Dan baru pada tahun 2022 perusahaan ini berganti nama menjadi Soho dan terus mencatatkan prestasi di bidang pembangunan. Sejak itu, Zhang berhasil mengubah hidupnya: ia berubah dari pekerja pabrik sederhana menjadi pengusaha sukses.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

7 Orang Yahudi Terkaya yang Mesin Uangnya Ternyata Digemari Warga Negara Indonesia

(luar biasa/luar biasa)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *