Kekurangan Omega 3 Bisa Sebabkan Gangguan Mata Hingga Depresi Pada Anak

Tak Berkategori202 Dilihat

Kamis, 24 Agustus 2023 – 16:01 WIB

JAKARTA – Omega 3 dan 6 adalah suatu asam lemak yang ada di pangan baik hewani maupun nabati yang sangat baik untuk kesehatan. Kedua kandungan itu juga sangat berperan penting dalam proses tumbuh kembang anak karena mendukung perkembangan otak. Otak berkembang sebanyak 80 persen saat bayi dalam kandungan, sisanya 20 persen akan berkembang mulai dari bayi itu lahir sampai usia 18 tahun. Namun saat yang paling baik dalam masa pertumbuhan yakni saat usia mencapai 2 tahun.

Baca Juga :

Konsumsi Omega 3 dan 6 Rendah Padahal Bagus untuk Otak Anak, Segini Takaran yang Dianjurkan

Menurut Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS, selaku Pakar Teknologi Pangan dan Gizi Terkemuka di Indonesia, di masa golden age, anak-anak perlu mendapatkan gizi yang sebaik mungkin terutama Omega 3 dan 6 yang berperan aktif dalam pertumbuhan otak.

“Jadi, ada dua golden age period yaitu dalam kandungan dan sampai usianya 2 tahun. Makanya saat anak balita, harus di-support bahan makanan baik yang mengandung Omega 3 dan 6,” kata Made Astawan, dalam konferensi pers bersama Blueband, di Jakarta, Kamis 24 Agustus 2023.

Baca Juga :

Nursyah Menangis dan Ingin Gendong Anak Indah Permatasari, Warganet: Kepribadian Ganda?

Kekurangan kebutuhan Omega 3 pada anak-anak dapat menimbulkan masalah pada perkembangan otak, fungsi kognitif, konsentrasi, dan kemampuan belajarnya juga pasti menurun. Lalu, akan ada masalah perkembangan koordinasi motorik dan kemampuan fisik pada anak-anak di masa pertumbuhannya.

Baca Juga :

Selain Disebut Mandul, Dewi Perssik Geram Anak Angkatnya Ikut Jadi Sasaran Haters

“Ini berkaitan dengan kemampuan motorik anak termasuk keterampilan mereka, bagaimana anak-anak bisa terampil kalau ngga memiliki sistem motorik dan fisik yang cukup,” ujarnya.

Selain kedua masalah tersebut, kekurangan Omega 3 bisa menimbulkan masalah penglihatan dan gangguan mata, serta masalah perubahan mood seperti kecemasan dan depresi pada anak-anak. 

Halaman Selanjutnya

“Kekurangan Omega 3 ini juga bisa menyebabkan anak-anak mengalami mood swing. Jadi kalian juga yang suka mood swing bisa jadi karena kekurangan Omega 3. Kalau anak mood swing, belajarnya kan jadi ngga konsentrasi,” kata salah satu Ketua Pergizi Pangan Indonesia itu.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *