IHSG melemah ditengah sidang perselisihan pemilu dan ditutup melemah 0,75%

Uncategorized55 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali ditutup melemah pada Rabu (27 Maret 2024) di tengah berlanjutnya pendengaran perselisihan pertama hasil pemilihan umum (Pemilu) 2024 di Mahkamah Konstitusi (MC).

IHSG ditutup melemah 0,75% untuk tempat ke-7.310,09. Posisi IHSG cukup sempit hingga hampir mencapai level psikologis 7200.

Nilai transaksi indeks pada akhir perdagangan hari ini mencapai sekitar Rp. 9.5 triliunan dengan menarik 15 miliaran saham diperdagangkan 1,1 juta kali. Sangat banyak 201 membagikan melanjutkan, 364 membagikan turundan 214 saham stagnan.

Dari sisi industri, tekanan terbesar terhadap IHSG pada akhir perdagangan hari ini kembali diberikan oleh sektor transportasi yang mencapai 2,48%.

Selain itu, beberapa saham juga mengalami tekanan (tertinggal) IHSG berdasarkan hasil perdagangan hari ini. Berikut daftarnya.

Emiten telekomunikasi milik negara PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) kembali memberikan tekanan paling besar terhadap IHSG pada akhir perdagangan hingga mencapai 15,2 poin indeks.

IHSG kembali terkoreksi di tengah proses pendengaran Sengketa atau perselisihan pertama mengenai Hasil Pemilihan Umum (PGPU) 2024 di Mahkamah Konstitusi.

Hal ini tertuang dalam Keputusan Mahkamah Konstitusi Nomor 1 Tahun 2024 tentang Tahapan, Kegiatan dan Jadwal PHPU Tahun 2024. Keputusan tersebut ditandatangani oleh Ketua Mahkamah Konstitusi Suhartoyo pada 18 Maret 2023.

“Pemeriksaan pendahuluan, verifikasi kelengkapan dan kejelasan materi permohonan, serta verifikasi dan penegasan bukti-bukti pemohon,” bunyi resolusi tersebut.

Pada rapat perdana hari ini, dua pasangan calon presiden dan wakil presiden yakni Anies Rasyid Baswedan-Muhaymin Iskandar dan Ganjar Pranovo-Mahfud, MD membacakan tuntutannya terkait sengketa pilpres.

Kedua pasangan calon tersebut biasanya menuntut pemilihan ulang dan diskualifikasi pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Jibran Rakabuming Raka.

Baca Juga  Dua saham Grup Kresna milik Michael Stephen menjadi perhatian bursa. Mengapa?

UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 menjelaskan, Mahkamah Konstitusi mempunyai waktu maksimal 14 hari kerja untuk mengadili perselisihan Pemilu 2024 sebelum mengeluarkan putusannya.

Meski uji coba pertama dilakukan pada 27 Maret, namun batas 14 hari kerja dimulai pada 25 Maret. Sebab tanggal tersebut ditetapkan sebagai tanggal pendaftaran perkara.

Meski begitu, Anwar sendiri dinyatakan tidak memenuhi syarat dalam sidang sengketa Pilpres 2024. Hal ini sesuai dengan keputusan Dewan Kehormatan Anggota Knesset yang menjatuhkan sanksi atas pencopotan Anwar Usman dari jabatan Ketua Mahkamah Konstitusi pada 7 November 2023.

Sementara itu, Kelompok Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran telah resmi mendaftar sebagai partai terkait gugatan pemilu presiden dan wakil presiden 2024 yang diajukan kubu Anies-Muhaymin dan Ganjar-Mahfud di Mahkamah Konstitusi (MC) pada Sabtu pekan lalu. .

Tim kuasa hukum Prabowo-Gibran yang diketuai Yusril Ihza Mahendra siap mempertimbangkan gugatan yang dilayangkan Anies-Muhaymin dan Ganjar-Mahfud.

Sidang Mahkamah Konstitusi pada 22 April mendatang diharapkan dapat menjatuhkan palu.

Sidang pertama sengketa pemilu presiden di Mahkamah Konstitusi bisa jadi membebani pasar karena tensi politik dalam negeri kembali meningkat.

RISET CNBC INDONESIA

[email protected]

Penolakan tanggung jawab: Artikel ini merupakan produk jurnalistik berdasarkan pandangan Riset CNBC Indonesia. Analisis ini tidak dimaksudkan untuk mendorong pembaca membeli, menahan, atau menjual produk atau sektor investasi terkait. Keputusan sepenuhnya ada di tangan pembaca dan kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian atau keuntungan yang timbul akibat keputusan ini.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel selanjutnya

IHSG kembali lesu setelah mencetak rekor, saham inilah yang patut disalahkan

(bhd/bhd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *