HUT Kemerdekaan RI ke-78 Merah Putih Selimuti Burj Khalifa, Begini Profil Gedung Tertinggi di Dunia

Tak Berkategori187 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Setidaknya sudah lima kali gemerlap lampu merah-putih kembali menyala di Burj Khalifa dalam memperingati kemerdekaan Indonesia dari 2019 sampai HUT Kemerdekaan RI ke-78 pada 17 Agustus 20203 kemarin. Pada perayaan kali ini, setidaknya bendera Indonesia ditayangkan di 16 gedung ikonik termasuk Burj Khalifa.

Dilansir dari Kemlu.go.id, Duta Besar Republik Indonesia untuk Uni Emirate Arab YM Husin Bagus mengatakan bahwa selain menyalakan merah putih di Burj Khalifa, KBRI Abu Dhabi juga melaksanakan berbagai lomba dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78.

“Kegiatan itu memang rutin dilaksanakan tiap 17 Agustus. Tetapi pada perayaan ini kami juga mengajak masyarakat Asean,” ujar Husin Bagis. Menurut pemaparan Husin seperti dilansir dari Majalah Tempo, tradisi menyalakan lampu merah-putih di beberapa bangunan ikonik Uni Emirat Arab dimulai pada 2019.

Hal itu menurutnya merupakan bentuk kedekatan Uni Emirat Arab dengan Indonesia setelah Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed mengunjungi Istana Bogor pada Juli 2019 lalu. Presiden Joko Widodo juga membalasnya dengan lawatan ke Abu Dhabi pada 2020 yang juga meresmikan salah satu jalan tol dengan nama Nohammed bin Zayed.

Setiap tahunnya, terdapat beberapa perbedaan jumlah gedung dalam penayangan bendera merah-putih. Pada 2020, jumlah penayangan hanya empat bangunan ikonik, lalu pada 2022 jumlah gedung yang menayangkan warna merah putih terdapat 13. Di antaranya adalah:

  1. ADNOC Building, Abu Dhabi
  2. Mubadala Tower, Abu Dhabi
  3. Abu Dhabi Municipality Building
  4. W Hotel Yas Island, Abu Dhabi
  5. Khalifa University, Abu Dhabi
  6. Abu Dhabi Global Market
  7. Sky Tower Marina Mall, Abu Dhabi
  8. Sheikh Zayed Bridge, Abu Dhabi
  9. Lulu Tower, Abu Dhabi (pengibaran bendera merah putih)
  10. Masdar City, Abu Dhabi (tampilan pada screen)
  11. Al Ain City Municipality Building, Al Ain
  12. Hazza Bin Zayed Stadium, Al Ain
  13. Damac Park Towers, Dubai (tampilan merah putih dan logo HUT RI ke-77)

Sementara itu, pada 2023 jumlah gedung yang menayangkan merah-putih bertambah banyak menjadi 16 gedung. Gedung yang selalu menayangkan bendera merah putih adalah Burj Khalifa.

Tentang Burj Khalifa

Iklan

Burj Khalifa merupakan gedung pencakar langit tertinggi di dunia. Dilansir dari Burjkhalifa.ae, panjang gedung ini mencapai 828 meter dan memiliki 160 lantai lebih. Dari ketinggian tersebut, Burj Khalifa memegang 6 rekor dunia, di antaranya:

  1. Gedung tertinggi di dunia
  2. Struktur free-standing tertinggi di dunia
  3. Lantai tertinggi yang ditempati di dunia
  4. Dek observasi luar ruangan tertinggi di dunia
  5. Lift dengan jarak tempuh terpanjang di dunia
  6. Lift layanan tertinggi di dunia

Dilansir dari Britanica, gedung ini diresmikan buka pada 4 Januari 2010. Meskipun begitu, keseluruhan interiornya belum benar-benar rampung. Bangunan ini dirancang oleh Adrian Smith sebagai arsitek dan Wiliam F. Baker sebagai insinyur struktur dari firma arsitektur Skidmore, Owings & Merrill yang berbasis di Chicago.

Untuk menopang ketinggian gedung, di tingkat dasar menara ini ditopang oleh alas beton yang memiliki tulang sebesar 13 kaki (4 meter) dengan diameter 5 kaki (1,5 meter). Sebagai gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa kerap menampilkan berbagai atraksi lampu, salah satunya dengan memproyeksikan bendera negara-negara tertentu termasuk bendera Indonesia pada perayaan kemerdekaan setiap 17 Agustus.

ANANDA BINTANG  l TIM Losergeek.org

Pilihan Editor: Rayakan HUT RI ke-77 Burj Khalifa Menyalakan Lampu Merah Putih



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *