Erik Thohir berjanji akan melunasi utang Wasquita senilai Rp300 miliar kepada JK

Uncategorized352 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Eric Thohir menjanjikan perbaikan di PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT), termasuk utang Vaskita kepada salah satu perusahaan Yusuf Kalla yakni PT Bukaka Teknik Utama Tbk. (BUK).

“Kemarin saya jawab Pak JK punya utang Rp 300 miliar, saya jawab oke, saya dalami, korupsi akan saya awasi,” ujarnya, dikutip Selasa (17/10).

Eric menjelaskan penyelesaian utang emiten konstruksi BUMN akan dibahas dengan Komisi VI DPR RI. Dalam hal ini yang dimaksud bukan hanya soal pelunasan utang kepada JK saja, tapi juga kepada vendor lain.

“Saya bersama Komisi VI sedang mengurus utang ke banyak pemasok, bahkan kami ingin membentuk panitia kerja. Tapi saya tidak membela diri,” ujarnya.

Eric mengatakan penyelesaian utang BUMN Karya tidak bisa dilakukan secara cepat. Sebab restrukturisasi memakan waktu hingga 5 tahun. “Perusahaan BUMN Karya perlu melakukan restrukturisasi yang memakan waktu 3-5 tahun,” imbuhnya.

Eric mengatakan, proyek kerja sama antara Vasquita dan JK akan dipertimbangkan lebih lanjut. Jika proyek tersebut merupakan proyek lama di luar pengelolaannya, maka akan segera diselesaikan juga.

“Saya akan cek dan perhatikan. Tapi saya yakin ini proyek lama ya, maksudnya bukan bukan zaman saya. Maka dari itu, dari zaman saya kita sudah memperbaiki pekerjaan-pekerjaan yang merugikan, kalau ada tindakan korupsi, nah, kami “Kami bekerja sama, untuk memastikan bahwa elemen-elemen tersebut diadili,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Waskita Karya Ermi Puspa Yunita mengatakan perseroan dan salah satu perusahaan JK yakni PT Bukaka Teknik Utama Tbk. (BUKK) telah mempunyai hubungan kontrak antara Waskita-Acset KSO dan KSO Bukaka-KS.

Baca Juga  Robert Bonosusatio kembali ke Kejaksaan Agung. Berikut penjelasannya!

Kedua belah pihak sepakat untuk menunjuk auditor eksternal yang independen untuk meminta pendapat/review, ujarnya.

“Angka finalnya bisa kami sampaikan masih dalam proses penghitungan/verifikasi untuk proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated II (Jalan Tol MBZ),” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (10/12).

Nantinya, hasil perhitungan tersebut akan dijadikan dasar pembayaran kepada CSR Vaskita-Aset untuk kepentingan CSR Bukaka-KS.

Selain itu, KSO Vaskita-Akset juga menanggung kewajiban pembayaran kepada KSO Bukaka-KS yang diterbitkan invoice sesuai dengan jumlah pembayaran yang ditentukan dalam kontrak.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

Demikian tanggapan Eric terkait pengambilalihan tanggung jawab Tol Bocimi dari WSKT hingga Hong Kong.

(mx/mx)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *