Eric mengatakan merger antara Muamalat dan BTN Syariah akan selesai pada Maret 2024.

Uncategorized312 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erik Thohir mengungkapkan kemungkinan penggabungan PT Bank Muamalat Indonesia dengan PT Bank Tabungan Negara Syariah atau BTN Syariah. Aksi korporasi tersebut saat ini masih dalam tahap persiapan yang dijadwalkan selesai pada Maret 2024.

“Kami sedang dalam proses membahas masalah ini. Rencananya, kalau Maret semua lancar, bisa rampung. Kemarin kami ingin menyelesaikan prosesnya pada Maret,” ujarnya saat ditemui di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa. (19/12).

Eric menjelaskan Kementerian BUMN melihat potensi perbankan syariah ke depan. Bahkan, pihaknya sempat membahas penggabungan kedua perusahaan tersebut dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan Kementerian Agama.

“Mungkin kita tidak akan bekerjasama antara Bank Muamalat dan BTN Syariah, kalau merger bisa jadi 16 besar, siapa tahu mungkin masuk 10 besar karena keuangan syariah menjadi salah satu hal yang menarik saat ini”. ” Dia berkata.

Sebelumnya, Komisaris sekaligus pemegang saham Bank Muamalat Andre Mirza Hartawan mengaku menunggu perkembangan lebih lanjut terkait aksi korporasi tersebut. “Itu hak prerogratif pemegang saham dan sepertinya jika BTN masuk bisa memperkuat bisnis Bank Muamalat,” ujarnya kepada CNBC Indonesia, Rabu (12/6/2023).

Selain menunggu masuknya investor baru, bank syariah pertama di Indonesia ini juga sedang dalam proses mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia. Dengan demikian, setelah proses tersebut, saham Bank Muamalat dapat diperjualbelikan melalui transaksi pasar modal.

Andre belum bisa memastikan apakah BTN akan listing setelah atau sebelumnya. Tergantung kapan kesepakatan dengan BPKH selesai, tapi saat ini masih dalam proses pencatatan, ujarnya.

BPKH sebelumnya mengumumkan niatnya untuk mengurangi kepemilikannya di Bank Muamalat. BPKH juga menyebut bank-bank matang lainnya bisa mengambil alih kepemilikan Bank Muamalat.

Baca Juga  Emiten Cinta Laura melantik direksi dan anggota komisi baru

Berdasarkan laporan publikasi triwulan III 2023, BPKH memiliki 82,66% saham Bank Muamalat. Kemudian Andre Mirza Hartavan memiliki 5,19%, Islamic Development Bank (IDB) 2,04%, dan sisa pemegang saham 10,11%.

Dengan demikian, BPKH masih mempunyai peluang untuk mengurangi kepemilikannya di Bank Muamalat tanpa mengubah statusnya sebagai pengendali bank syariah pertama di Indonesia.

Sebagai informasi, BPKH menjadi pengendali Bank Muamalat setelah menerima hibah ekuitas dari IsDB, Bank Boubyan, Atwill Holdings Limited, National Bank of Kuwait, IDF Investment Foundation, dan BMF Holding Limited sebesar $7,9 miliar atau setara 77,42% di akhir. 2021.

Saat itu, BPKH menginvestasikan dana baru sebesar Rp 1 triliun di Muamalat. Artinya, BPKH hanya mengucurkan Rp1 triliun untuk memiliki aset senilai di atas Rp60 triliun.

Namun perlu diingat, pada saat transaksi ini dilakukan, Bank Muamalat telah diselimuti permasalahan aset busuk sejak beberapa tahun sebelumnya. Per September 2021, rasio kredit bermasalah (NPF) bruto Muamalat sebesar 4,94% dan rasio kredit bermasalah neto sebesar 3,97%.

Sementara itu, Bank Muamalat melaporkan laba bersih setahun penuh yang dapat diatribusikan kepada pemilik perusahaan sebesar Rp52,35 miliar pada kuartal III 2023. Jumlah tersebut meningkat 65,60% year on year dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yakni Rp31,61 miliar.

Hasil ini dicapai ketika mesin keuangan tidak beroperasi secara maksimal. Pendapatan setelah pembagian laba turun 10,63% year-on-year (YoY) menjadi Rp 219,51 miliar.

Selain itu, Direktur Utama BTN Nixon L.P. Napitupulu mengatakan perusahaan yang dipimpinnya sedang mempertimbangkan untuk mengakuisisi dua bank untuk memisahkan unit usaha syariah (UUS).

“Kami masih dalam proses akuisisi dan sudah mengirimkan surat ketertarikan untuk dua properti tersebut. Nah, surat ketertarikan ini sudah kami kirimkan sejak awal November. Oleh karena itu, kami mohon kesempatan untuk melakukan due diligence terhadap bank yang dituju. kata Nixon saat pameran publik BEI Live, Rabu (29/11/2023).

Baca Juga  Promo Ulang Tahun: Bank Mandiri Tawarkan Suku Bunga KPR 2,5%.

Dia belum bisa menyebutkan nama dan jumlah harta kekayaannya karena prosesnya masih berjalan.

Setelah spin-off, BTN Syariah dapat menjadi bank umum syariah (BUS) terbesar kedua di Indonesia berdasarkan aset, menurut Nixon. Pihaknya berencana menyelesaikan proses alokasi BTN Syariah pada semester II 2024.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

Jokowi menunjuk mantan Kepala BPUI menjadi Deputi Bidang Hukum Kementerian BUMN

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *