Disanksi Atas Kematian Gibran, Ini Kekayaan Ketua CPU Hasim Asyari

Uncategorized284 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Nama Hasim Asyari mencuat setelah ia disanksi Dewan Kehormatan Penganjur Pemilu (DKPP) karena memilih Gibran Rakabuming sebagai calon wakil presiden pada Pemilu 2024. Kekayaannya pun jadi sorotan.

Diketahui, DCPP menjatuhkan sanksi kepada Ketua CPU Hasim Asyari dan enam anggotanya terkait diterimanya pendaftaran Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden. Sanksi tersebut diberikan karena CPU tidak mengikuti prosedur yang benar dalam mengubah persyaratan usia calon presiden dan wakil presiden berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi.

Gibran yang masih berusia 36 tahun sudah diperbolehkan mendaftar meski aturan CPU tidak diubah. Namun KPU berdalih telah mengeluarkan petunjuk teknis dan rekomendasi pelaksanaan putusan MK tanpa mengubah Peraturan KPU.

Terlepas dari kontroversi tersebut, Hasim Asiyari sebagai pejabat pemerintah wajib melaporkan harta kekayaannya. Harta kekayaannya ia laporkan dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tanggal 30 Maret 2023 tahun periodik 2022.

Melalui LHKPN terungkap harta kekayaan Hasim Asiari senilai Rp9,049 miliar. Harta yang dimilikinya terdiri dari harta benda yang berkaitan dengan kendaraan.

Harta Hasim sebagian besar berupa tanah dan bangunan yang nilainya mencapai Rp6,7 miliar. Ia memiliki sedikitnya 11 tanah dan bangunan milik Hasim Asyari yang berlokasi di Semarang, Kudus, dan Rembang.

Selain itu, Hasim Asiyari memiliki alat dan mesin angkut senilai Rp324 juta, termasuk sepeda motor Vespa tahun 1985 dan Nissan New Serena tahun 2014.

Selain itu, Hasim memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp830 juta, kas dan setara kas senilai Rp1,19 miliar serta tidak memiliki utang, sehingga total kekayaan Hasim Asiyari mencapai Rp9,094 miliar.

[Gambas:Video CNBC]

Baca Juga  Saham Bank Raksasa Kembali Jatuh, Sudah Saatnya Bangkit?

Artikel berikutnya

Daftar resmi calon presiden ketiga kalinya menjadi sumber kekayaan Prabowo.

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *