Daftar 10 bank syariah terbesar di Indonesia, BSI tak punya lawan

Uncategorized104 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat aset industri perbankan syariah tumbuh 11,1% year-on-year (YoY) menjadi Rp 868,99 triliun per Desember 2023. Angka tersebut merupakan gabungan dari aset bank umum dan unit usaha syariah (UUS). .

OJK mencatat, terdapat 14 BUS dan 19 bank umum reguler di Indonesia yang memiliki UUS. Jumlah ini kurang lebih sama dengan tahun 2020.

Sebagai informasi, pertumbuhan aset bank syariah jauh lebih tinggi dibandingkan bank konvensional. Per Desember 2023, aset bank tradisional tumbuh 5,9% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Namun secara nominal, aset bank konvensional masih jauh lebih besar dibandingkan bank syariah yang asetnya hanya sekitar 7% dari aset bank konvensional.

Berdasarkan catatan CNBC Indonesia, belum semua bank syariah besar merilis laporan operasional akhir tahun 2023. Oleh karena itu, data September 2023 tetap digunakan saat menghitung jumlah aset.

Pada periode tersebut, hanya ada satu bank syariah yang asetnya melebihi Rp 100 triliun, yaitu PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS). Hingga September 2023, aset bank hasil merger tiga bank pelat merah anak usaha ini berjumlah Rp319,85 triliun.

Di posisi kedua ada Bank Muamalat dengan modal Rp 66,2 triliun. Aset bank tersebut diperkirakan tumbuh di atas Rp 100 triliun karena rencana merger dengan BTN Syariah yang memiliki aset Rp 48,41 triliun per September 2023.

Di antara Bank Muamalat dan BTN atau di peringkat ketiga ada CIMB Niaga Syariah yang memiliki aset Rp 61,46 triliun. Berikutnya di peringkat 5 ada Maybank Syariah dengan total aset Rp 42,1 triliun.

Untuk informasi selengkapnya, berikut daftar 10 bank syariah di Indonesia:

Baca Juga  Perlu diketahui: ini syarat dan modal untuk membuka Indomart sendiri.
TIDAK. nama Bank September 2023
1. PT Bank Syariah Indonesia Tbk Rp319,85 triliun
2. PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Rp 66,2 triliun
3. PT Bank CIMB Niaga Tbk (unit usaha syariah) Rp61,46 triliun
4. PT Bank Tabungan Negara Tbk (unit usaha syariah) Rp 48,41 triliun
5. PT Bank Maybank Indonesia Tbk (unit usaha syariah) Rp 42,1 triliun
6. PT Bank Permata Tbk (unit usaha syariah) Rp37,54 triliun
7. PT Bank Riau Kepri Syariah Rp 28,23 triliun
8. PT Bank Aceh Syariah Rp 28,23 triliun
9. PT Bank BTPN Syariah Tbk Rp 21,96 triliun
10. PT Bank Panin Dubai Syariah Tbk Rp 15,54 triliun

oke bocor

Peta persaingan industri perbankan syariah ke depan akan semakin menarik. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan 3 hingga 4 bank syariah akan melakukan merger untuk melaksanakan Peraturan OJK (POJK) Nomor 12 Tahun 2023 tentang pemisahan Unit Usaha Syariah (UUS).

Direktur Utama Pengawasan Perbankan OJK Diane Ediana Ray mengatakan ada beberapa bank yang berencana merger dan sedang dalam pembahasan awal. Dia mengatakan, merger beberapa bank syariah akan dipimpin oleh bank swasta.

“Dijalankan oleh bank swasta, bukan bank pemerintah. Padahal, hal ini merupakan bagian dari implementasi POJK tentang masalah efek samping perbankan syariah. Nah ini yang terus kita sempurnakan, ada beberapa calon, dan tentunya kita berharap ini menjadi merger yang nyata. “Saya kira ini adalah hal yang besar,” kata Dayan usai Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK) 2024 di St. Terdaftar, dikutip Rabu (27 Maret 2024).

Dia mengatakan belum diketahui nilai aset merger bank swasta syariah ini, namun setidaknya mencapai Rp 200 triliun.

Baca Juga  Menteri Pertanian Syahrul Yassin Limpo tercatat memiliki uang tunai Rp 6,1 miliar.

Dayan enggan menyebutkan bank mana yang memimpin proses spin-off dan merger tersebut. Saat ditanya apakah itu PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA), dia enggan menjawab.

“Saya tidak menyebutkannya terlebih dahulu. Iya swasta, bisa 3 atau 4 bank. Saya pikir itu hal positif yang bagus. Respon perbankan terhadap POJK kami cukup baik,” kata Dian.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel selanjutnya

BSI menyambut baik persaingan baru di bidang perbankan syariah

(mx/mx)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *