Canggih, Rumah Moduler Berteknologi yang Ramah Lingkungan Bisa Dipindah dengan Mudah

Tak Berkategori80 Dilihat

Selasa, 22 Agustus 2023 – 19:48 WIB

SEOUL – LG Electronics (LG) akan meluncurkan LG Smart Cottage, bagian dari layanan housing solution dari LG, pada ajang IFA 2023 yang berlangsung pada tanggal 1-5 September 2023 di Berlin, Jerman. Smart Cottage merupakan rumah moduler atau prefabrikasi yang menggabungkan teknologi pemanas, ventilasi, dan AC mutakhir dari LG (HVAC), serta solusi energi, peralatan dan layanan rumah cerdas terbaru yang terintegrasi. Memadukan peralatan premium dan kenyamanan ruangan yang dibangun dengan memanfaatkan teknologi dan teknik perumahan moduler terbaru, LG Smart Cottage menghadirkan gaya hidup baru yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Baca Juga :

Ungkap Kendala Pembangunan Gedung Berkelanjutan, Sri Mulyani Sebut RI Butuh US$200 Miliar

Smart Cottage dirancang dengan memprioritaskan keberlanjutan dan selaras dengan visi LG yaitu “Better Life for All.” Rumah moduler ini merupakan bangunan kecil ala studio yang memiliki dua lantai serta menyediakan lingkungan hidup yang fungsional, nyaman, dan efisiensi ruang yang maksimum. Meskipun berukuran kecil, rumah moduler ini memiliki semua peralatan dan fasilitas yang dibutuhkan untuk kenyamanan penghuninya dan dapat diangkut atau dipindahkan ke tempat lain dengan mudah. Menurut laporan ReportLinker, pasar rumah moduler secara global diperkirakan akan mencapai USD 22,9 miliar pada tahun 2028 dengan tingkat pertumbuhan tahunan (CAGR) hingga 4,8 persen dari 2023 hingga 2028.

Interior ruangan memiliki suasana yang santai nan premium berkat desain LG yang ‘lembut, stabil, dan halus’ serta menggunakan berbagai bahan material yang harmonis seperti kayu, ubin, dan kuningan. Beberapa komponen rumah dapat dibongkar-pasang dan terbuat dari material baja karbon rendah sehingga lebih ramah lingkungan. Komponen-komponen ini diproduksi oleh POSCO, perusahaan baja ternama asal Korea Selatan.

Baca Juga :

Mental Anak akan Terjaga jika Menerapkan ‘Study-Life Balance’

LG Smart Cottage juga memiliki perlengkapan dapur, ruang tamu, dan sistem ventilasi yang inovatif dengan efisiensi tinggi. Beberapa teknologi LG yang dipasang meliputi mesin cuci WashTower Compact, mesin cuci piring QuadWash™, berbagai peralatan dapur built-in, pemurni air, dan sistem pemanas air-to-water heat pump (AWHP) Therma V™ Monobloc pompa. Selain menghadirkan kenyamanan ruang sepanjang tahun dengan penggunaan daya listrik yang lebih kecil dibandingkan dengan sistem pemanas dan pendingin biasa, AWHP LG dapat menghemat energi dan menyediakan air panas karena telah terhubung dengan Tangki Air Terpadu (Integrated Water Tank/IWT) berkapasitas 200 liter.

Bagian exterior telah dilengkapi dengan teknologi LG yang ramah lingkungan dan dapat memenuhi kebutuhan energi harian untuk dua penghuni. Terdapat panel surya 4-kilowatt (kW) yang dipasang di atap bangunan dan terhubung dengan Sistem Penyimpanan Energi (Energy Storage System/ESS) LG sehingga tenaga surya dapat disimpan dengan aman. Panel surya ini juga mampu menghasilkan listrik hingga 15 kilowatt per hari. Kelebihan energi dapat disimpan dalam ESS untuk digunakan di lain waktu atau dapat dijual ke penyedia listrik yang telah bermitra dengan LG. Selain itu, rumah moduler ini sudah dilengkapi dengan pengisi daya untuk kendaraan listrik sehingga dapat memudahkan penghuni yang memiliki kendaraan tersebut.

Baca Juga :

Garap Proyek Sistem Pengendalian Lalu Lintas di Solo, TKDN Pakai Teknologi AI

Untuk menghadirkan pengalaman pengguna yang cerdas dan nyaman, semua peralatan di LG Smart Cottage ini telah terhubung dengan aplikasi LG ThinQ. Dengan menggunakan aplikasi ini, penghuni dapat mengontrol setiap peralatan dengan mudah, mengelola seluruh sistem ventilasi dan AC, serta memantau penyimpanan dan konsumsi energi secara real-time. Aplikasi LG ThinQ juga memiliki berbagai fitur yang terhubung dengan teknologi Internet-of-Things (IoT) yang berfungsi untuk meningkatkan keamanan, seperti kamera, sensor gerak, dan bel pintu pintar sehingga penghuni dapat hidup dengan aman dan tenang.

Untuk mendirikan Smart Cottage ini, LG bermitra dengan GS Engineering & Construction Corp (GS E&C), penyedia layanan konstruksi dan teknik sipil terkemuka asal Korea Selatan.

Halaman Selanjutnya

Lyu Jae-cheol, President of LG Electronics Home Appliance & Air Solution Company, mengatakan, “LG Smart Cottage tak hanya sekadar rumah moduler biasa, tetapi juga menjadi solusi hunian inovatif untuk gaya hidup yang berkelanjutan, di mana berbagai peralatan rumah telah terhubung dengan aplikasi ThinQ.  LG merevolusi konsep hunian dengan menerapkan solusi energi, peralatan, dan layanan yang terintegrasi sehingga penghuni dapat hidup dengan nyaman



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *