Ada konsorsium 10 konglomerat yang berupaya membangun IKN.

Uncategorized210 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Pengembang PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSD) mengaku mendapat dukungan dari pemerintah untuk turut serta dalam pembangunan Ibukota Negara Republik Indonesia (IKN). Sinar Mas, induk emiten BSDE, merupakan salah satu dari sedikitnya 10 konglomerat yang mengembangkan proyek tersebut.

“Ada konsorsium besar yang terdiri dari 10 konglomerat di Indonesia yang mencoba mengembangkan kawasan tersebut secara grup, dan BSD adalah salah satu pemegang sahamnya secara tidak langsung,” kata Direktur BSD Hermawan Wijaya saat ditanya CNBC Indonesia tentang IKN di Sinar Mas Land. Review Properti BSD City 2024 Kamis (01/02/2024).

Hermawan belum bisa menjelaskan proyek apa saja yang sedang dibangun Sinar Mas untuk mendukung mega proyek IKN tersebut. Namun yang jelas, pemerintah telah memberikan instruksi untuk ikut serta dalam pelaksanaan proyek ini.

“Awalnya pengurus IKN meminta seluruh pengusaha untuk mendukung kami, termasuk kami. Namun perkembangannya belum terlalu signifikan dan masih belum ada informasi yang bisa kami sampaikan terkait perkembangannya,” kata Hermawan.

Hermawan menjelaskan, di dekat IKN, Sinar Mas mempunyai proyek pengembangan kawasan perkotaan yakni Grand City Balikpapan. Ini merupakan proyek ketiga sejak proyek Balikpapan Permay pertama dimulai 40 tahun lalu.

“Proyek kami berlokasi dekat IKN di Balikpapan Grand City, jaraknya 30 km dari IKN. Dalam jangka pendek, inilah sumber pemasaran penjualan kami. Pintu masuk ke Balikpapan penuh, hotel-hotel di Balikpapan juga penuh, artinya aktivitas ekonomi banyak,” masyarakat akan melihat bisnis apa yang ada di sana. Termasuk perumahan Grand City di tengah Balikpapan, yang sejauh ini kami kembangkan seluas 50-60 hektar dari total luas 220 hektar, dan ini salah satu proyek di Balikpapan,” kata Hermawan.

Baca Juga  Listing perdana, saham emiten sawit Pulau Subur (PTPS) menguat

Pada Agustus 2023, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan konglomerat di Indonesia akan berkontribusi dalam revitalisasi ibu kota nusantara (IKN).

Konglomerat Sinar Mas Franky Oesman Widjadja berinvestasi di Penajam Paser, Kalimantan Timur. Para konglomerat ini telah membentuk konsorsium yang peletakan batu pertamanya akan dilakukan pada September 2023.

“Yang bergabung adalah Pak Aguan, Pak Anthony Salim, Pak Frankie Widjaja. Mereka membuat konsorsium,” kata Bahlil.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel selanjutnya

Daftar 10 Investor Besar Siap Bantu Jokowi Bangun IKN

(Rabu/Rabu)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *