97% lapangan pekerjaan diciptakan oleh UMKM

Uncategorized35 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan peran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sangat penting. Sebab, sebagian besar pekerja di sektor ini memberikan kesempatan kerja paling banyak.

“Hari ini saya menggunakan angka yang ada: di Indonesia, 97% lapangan kerja diciptakan oleh UMKM,” kata Sri Mulyani dalam acara BRI Microfinance Outlook 2024 di BRILiaN Tower, Jakarta Selatan, Kamis (07/03/2024).

Menurut Sri Mulyani, angka tersebut relatif sangat tinggi dibandingkan negara lain. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa penciptaan lapangan kerja tidak hanya terjadi di sektor formal.

Selain itu, menurut Sri Mulyani, juga menentukan basis pajak serta tingkat jaminan sosial. Oleh karena itu, dia mengapresiasi penetrasi agen BRILink yang menjangkau hingga ke tingkat akar rumput.

“Karena sebagian besar masyarakat bekerja di UMKM di sektor informal dan itu menentukan kekayaan,” ujarnya.

Oleh karena itu, seperti yang disampaikan oleh Bapak Sunarso (Direktur Utama BRI), melalui berbagai cara untuk menjangkau masyarakat akar rumput melalui BRILink dan teknologi digital, kami berharap hal ini dapat meningkatkan sektor UMKM yang sebelumnya bersifat informal dan tidak berkelanjutan. dalam sifatnya.” menjadi lebih formal dan lebih stabil, dan pendapatan juga akan lebih tinggi, lebih stabil,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Sri Mulyani juga menyampaikan bahwa kontribusi sektor UMKM terhadap PDB sebesar 61%. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan negara-negara ASEAN dan G20.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

Tak Banyak Negara Sehebat Indonesia, Sri Mulyani Berikan Buktinya!

(Amy/Pengusir hama)


Quoted From Many Source

Baca Juga  Bocoran BEI, prospek investasi dan sektor pasar saham unggulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *