24 organisasi mendaftar menjadi pengguna jasa pertukaran karbon di BEI

Uncategorized326 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Indonesia saat ini menjalankan bursa karbon yang diperdagangkan melalui Bursa Efek Indonesia (BEI). Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Jeffrey Hendrick mengatakan, saat ini sudah ada 24 organisasi yang menyatakan diri sebagai pengguna jasa Bursa Karbon (PJBK).

“Saat ini kami juga sudah menerima 24 organisasi yang mengajukan keanggotaan PJBK,” ujarnya secara virtual, seperti dikutip Rabu (22/11).

Jeffrey menjelaskan, saat ini terdapat 33 orang yang menggunakan layanan carbon sharing. Jumlah ini meningkat pesat sejak perdagangan pertama kali diluncurkan pada 26 September 2023 yang hanya terdaftar 15 organisasi.

Secara volume, IDXCarbon mencatat karbon dioksida sebanyak 468 ribu ton per 20 November 2023, ujarnya. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

“Nilai transaksi pertukaran karbon kita juga jauh lebih tinggi dibandingkan pertukaran karbon Malaysia dan Singapura yang hanya 160 ribu ton CO2,” tutupnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Komisioner OJK mengatakan pembentukan Pertukaran Karbon Indonesia merupakan momen bersejarah bagi Indonesia untuk mendukung upaya pemerintah mencapai target penurunan gas rumah kaca (GRK) sejalan dengan ratifikasi Perjanjian Paris. .

“Pertukaran Karbon Indonesia akan menjadi salah satu pertukaran karbon terbesar dan terpenting di dunia karena volume dan keragaman unit karbon yang diperdagangkan, serta kontribusinya terhadap pengurangan emisi karbon nasional dan global. Hari ini kita memulai sejarah dan awal era baru,” kata Mahendra dalam keterangan tertulis, Rabu (27 September).

Indonesia telah menetapkan target pengurangan emisi gas rumah kaca sebesar 31,89 persen (tanpa pamrih dan tanpa bantuan internasional) atau 43,2 persen (dengan bantuan internasional) dari emisi normal (atau kondisi seperti biasa) pada tahun 2030. Sesuai dengan berlakunya UU No. 4 Tahun 2023 tentang Pembangunan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK), OJK mempunyai kewenangan mengatur dan mengawasi perdagangan karbon melalui pertukaran karbon di Indonesia.

Baca Juga  Rupiah anjlok menjadi Rp 15.630 meski dana asing membanjiri pasar Indonesia

Menurutnya, tujuan yang sangat penting dari perdagangan karbon di Indonesia adalah untuk menjamin nilai keekonomian dari satuan karbon yang dihasilkan atau segala upaya penurunan emisi karbon dioksida guna mencapai target NDC (Kontribusi Nasional) pemerintah Indonesia dan mengoptimalkan potensi Indonesia. sebagai negara penghasil unit karbon dalam persiapan perdagangan karbon di bursa karbon.

OJK bersama kementerian/lembaga terkait dan dukungan organisasi internasional melakukan sosialisasi pada bulan Juli hingga September dengan menyelenggarakan lokakarya nasional penurunan emisi gas rumah kaca dan peluang perdagangan karbon di Indonesia di lima kota yaitu Surabaya, Balikpapan, Makassar , Medan dan Puncak dari rangkaian seminar yang dilaksanakan di kota Jambi.

Untuk menyukseskan perdagangan perdana unit karbon di Carbon Exchange, menurut Kementerian ESDM dan PT PLN (Persero), terdapat 99 pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTU) berbahan bakar batubara yang berpotensi ikut serta. dalam perdagangan karbon pada tahun ini.

Jumlah tersebut setara dengan 86 persen dari seluruh pembangkit listrik tenaga batu bara yang beroperasi di Indonesia. Selain subsektor pembangkit listrik, perdagangan karbon Indonesia ke depan juga akan diramaikan oleh sektor-sektor lain yang menjadi prioritas implementasi NDC, seperti kehutanan, pertanian, sektor limbah, migas, industri umum dan menyusul setelahnya. sektor maritim.

Pada awal perdagangan emisi, perdagangan akan dilakukan secara bertahap dengan mengamankan unit karbon yang berkualitas, dimulai dari emisi (Emissions Trading System/ETS) pada sektor ketenagalistrikan dan kehutanan.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel selanjutnya

OJK terbitkan aturan pertukaran karbon, BEI berikan bocorannya

(rob/au)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *