10.256 Narapidana Terima Remisi Umum Pada HUT RI 2023, 473 Langsung Bebas

Tak Berkategori224 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Pada HUT Kemerdekaan RI ke-78 hari ini, 10.265 narapidana di lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan) di DKI Jakarta mendapatkan remisi. Setelah mendapat pengurangan masa tahanan pada hari kemerdekaan RI ini, 473 napi dinyatakan langsung bebas.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta Ibnu Chuldun mengatakan, dari 15.816 warga binaan di lapas dan rutan di DKI Jakarta, hanya 10.265 orang yang terima remisi umum tahun 2023. 

Ibnu mengatakan, 9.792 orang mendapat Remisi Umum I atau pengurangan sebagian dan 473 orang mendapat Remisi Umum II, yang dinyatakan langsung bebas setelah terima remisi.

Jumlah warga binaan yang mendapatkan remisi umum tahun ini, kata Ibnu, lebih rendah daripada jumlah yang diusulkan. “Jumlah narapidana dan anak binaan yang kita usulkan 10.322 orang. Namun yang disetujui 10.265 orang atau sekitar 98 persen,” kata Ibnu di Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta, Cipinang, Jakarta Timur, Kamis, 17 Agustus 2023, seperti dikutip dari Antara.

Dari 10.625 warga binaan itu, 9.792 orang mendapat Remisi Umum I (pengurangan sebagian) dan 473 orang mendapat Remisi Umum II (setelah mendapatkan remisi ini dinyatakan langsung bebas).

Menurut dia, jumlah warga binaan yang mendapatkan remisi itu lebih rendah dibandingkan jumlah warga binaan yang diusulkan mendapatkan remisi.

“Jumlah narapidana dan anak binaan yang kita usulkan sebanyak 10.322 orang. Namun yang baru disetujui 10.265 orang atau sekitar 98 persen,” kata Ibnu.

Iklan

Pemberian Remisi Umum Tahun 2023 ini, kata Ibnu, mencerminkan upaya pemerintah memberikan peluang kedua bagi narapidana dan anak binaan. Remisi ini juga menunjukkan pentingnya pendekatan yang holistik dalam sistem peradilan pidana.

“Pemberian Remisi Umum merupakan tonggak penting dalam perjalanan menuju sistem peradilan yang lebih adil dan manusiawi,” ujarnya.

Ibnu mengatakan, pemberian remisi ini adalah bentuk apresiasi dan penghargaan bagi narapidana yang telah mengikuti program pembinaan dengan baik. Kepala Kanwil Kemenkumham DKI jakarta itu berharap momentum ini dapat menjadi motivasi bagi narapidana untuk selalu berperilaku baik dan mematuhi aturan.

Pemberian Remisi Umum di Lapas Narkotika IIA Cipinang itu juga dihadiri Wakil Wali Kota Jakarta Timur Iin Mutmainnah. Iin berharap para warga binaan penerima remisi dapat membentuk pribadi yang lebih bermartabat dari sebelumnya. “Sebagai momentum untuk motivasi diri melangkah lebih maju dan berperilaku baik ke depannya,” ujarnya.

Pilihan Editor: 637 Warga Rutan Kelas 1 Depok Terima Remisi Hari Ini, 5 Langsung Bebas



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *